Cara menyimpan cabai agar tetap segar sampai 2 minggu lebih. Harga cabai sekarang (bulan Juli-Agustus 2010) sangat mahal. Di pasar wage Purwokerto cabai rawit yang kualitas bagus berkisar antara 45-50 ribu rupiah per kilo. Kalau beli hanya setengah atau seperempat kilo, jatuh harganya lebih mahal lagi.

Kami adalah penyuka pedas. Dengan cabai saja (baik dilalap langsung atau disambal) ditemani tahu goreng, sudah cukup untuk mengantar nasi masuk ke perut. Karenanya penting bagi kami untuk selalu punya stok cabai segar di kulkas. Berbagai cara sudah kami coba untuk mencari solusi penyimpanan yang efektif. Akhirnya ketemulah cara ini.

Gambar di bawah ini adalah cabe yang sudah saya simpan lebih dari seminggu. Masih sungguh segar dan tidak ada yang membusuk. Bagaimana caranya?

Pisahkan cabai yang berpotensial membusuk, pilih hanya yang utuh dan cantik. Jangan dicuci. Langsung masukkan ke wadah yang bertutup (he he saya pakai bekas wadah es krim). Bisa wadah apa saja, kantong plastik pun boleh. Lalu yang paling penting: kasih koran di atasnya (lihat gambar di bawah). Saya tidak tahu apa fungsinya, tapi yang begitulah yang terjadi. Ingat koran hanya ditaruh di atasnya, bukan dibungkuskan. Lalu tutuplah rapat-rapat. Simpan di ruang sayur kulkas. Secara berkala misalnya dua hari sekali buka, supaya ada pergantian udara. Semoga berhasil.



Untuk membeli pola atau paket kristik atau barang lain, bisa membayar langsung lalu melakukan konfirmasi. Bisa juga dengan melakukan "order langsung" dengan tombol di bawah ini. Jangan lupa menuliskan code pola/barang.




Share/Bookmark
1524569639343544279