Sejak pagi, saya mengerjakan kristik ditemani lagu-lagu kuno mbak Waldjinah. Aduhai rasanya. Sebagian dari kamu pasti pernah mendengar suara emas sinden dan penyanyi kroncong langgam serba bisa ini. Benar-benar membuat terbuai. Jarum di tangan serasa bergerak sendiri. Tanpa terasa sebidang ruang kristik selesai. Terima kasih mbak.
Apa yang saya dengarkan? Oh kaset kuno sekali. Terbit tahun 1978, oleh Lokananta. Hebatnya, walaupun sudah berumur 30 tahun, kaset itu masih prima: jernih tanpa kerusakan apapun. Mungkin barang kuno memang lebih awet ya.




Saya yakin kaset ini sudah nyaris punah...


Kami beruntung mempunyai beberapa koleksi kaset kuno. Pernah terpikir untuk memindahkan isi kaset-kaset sejenis ini ke file digital, supaya tidak rusak, sebagai dokumentasi. Sayang kemampuan pribadi dan kompiuter saya tidak memadai. Kalau ada teman mau membantu .... saya akan menyambut dengan senang hati.
Kembali ke album mbak Waldjinah. Kaset ini berisi 12 lagu Jawa.
  1. Entit
  2. Ora Kanyana
  3. Lela Ledhung
  4. Pilih Tanding
  5. Panjer Rina
  6. Ngimpi
  7. E Jamune
  8. Dongeng Brambang Bawang
  9. Gethuk Goreng
  10. Nyamleng
  11. Ayo Ngguyu
  12. Wedang Kacang

Unggulan kaset ini tentu saja lagu atau tembang ENTIT. Waldjinah terkenal sekali sebagai pendendang lagu Walang Kekek, dan Entit. Lagu ini mengangkat kisah Ragil Kuning yang mencari Panji Asmara. Saat itu sang panji sedang menyamar menjadi petani lugu. Dialog antara sang putri dengan petani lugu itu lah yang diangkat menjadi bagian utama lagu.

"Entit ... sing nandur pari kuwi sapa ...?" tanya Ragil Kuning.
"Sing nandur aku, cah ayu ...!" jawab panji.

Saya pribadi senang dengan lagu NGIMPI dan PANJER RINO yang masih sering dinyanyikan juga oleh penyanyi campursari muda, seperti mas Manthous.

Teman-teman, selamat ngristik. Biar nikmat cari kaset kuno yang enak. Pasti sensasi rasa ngristiknya jadi lain. Atau setel lagu-lagu instrumental yang tenang. Kristik kamu akan semakin menenangkan jiwa, membuat rileks. Coba saja.

Oh ya, dari sampul kaset itu saya ambil wajah mbak Waldjinah muda dan saya jadikan pola kristik 30 warna. Sekedar kenang-kenangan. Yang berminat, bisa langsung kontak saya. Gratis saja. Ini gambarnya.

Add to Cart
For PDF pattern only. The file will send directly to your email. Including the instruction sheet detailing color of fabric, sizes, a complete color listing (number of skeins to purchase)


info harga terbaru dan harga paket (kits) silahkan hubungi:
masdriyo@gmail.com
Whatsapp chat | Messenger
Send pictures to convert