Beberapa hari lalu, saya tiba-tiba mempunyai ide mau memberi hadiah ulang tahun berupa kristik foto wajah. Sengaja saya buat kecil, hanya bagian inti dari wajah. Saya kepingin dalam sehari semalam kristik itu selesai. Pigura sudah siap, pola dan kain benang kristik juga sudah tersedia. Persis malam hari sebelum hari ultah, saya mulai mengerjakan ...
... saya tinggal bobo dulu ya: Purwokerto mendung ... enak untuk tidur.
Info------
harga kristik jadi ukuran ini (24 cm x 30 cm) Rp 750.000,-
(termasuk pigura dan ongkos kirim Jawa)
harga paket pola-kain-benang(wol) Rp 150.000,-
(termasuk ongkos kirim Jawa)


ternyata sampai sore hari esok harinya, ketika kami sudah mendapat kiriman mie panjang umur kristik itu belum selesai. Padahal semalam sudah saya lembur. Pagi-pagi ketika saya belum bangun, istri saya sudah menyambung kristik yang saya tinggal. Saya ambil alih lagi setelah pagi minum kopi. Sampai mata terasa pegal ... tidak selesai juga.
Apakah teman-teman pernah mempunyai proyek kristik ngebut mengejar target seperti saya? Apakah target waktu saya tadi realistis?
Pola yang saya kerjakan berdimensi 70w x 100h stitches, dan hanya memakai 5 warna. Kecil dan sederhana. Pola yang tercetak pun hanya satu halaman kuarto. Dalam perhitungan ngawur saya, mestinya itu dapat selesai dalam sehari semalam. Saya lupa satu hal: yaitu kecepatan ngristik saya berapa tusukan sih per menit, dalam satu jam dapat menyelesaikan berapa banyak.
Itulah kunci untuk memperkirakan berapa lama suatu proyek kristik selesai. Hitungannya begini: saya ambil contoh pola yang saya kerjakan kemarin.
Dimensi pola 70 x 100 tusukan, berarti total 7.000 tusukan. Dengan kecepatan 10 spm (istilah saya: stitches per minute), dalam 60 menit saya dapat mengerjakan 600 tusukan, kristik itu akan selesai dalam 11,6 jam (7000 : 600). Dengan kecepatan 5 spm, selesai dalam 23 jam.
Sebenarnya hitungan saya realistis. Saya memperkirakan kecepatan kristik saya 5 spm. Jadi dalam sehari-semalam proyek itu akan selesai. Tapi rupanya hitungan itu meleset. Kecepatan sebenarnya kristik saya tidak mencapai 5 spm.
Saya dulu menghitung kecepatan tangan saya ketika membuat blok satu warna. Benar saya bisa mencapai 10 spm. Tapi itu rupanya "top speed" yang tidak akan bertahan lama. Ketika konsentrasi sudah menurun pasti akan segera menjadi lebih lamban. Masuk ke daerah rumit ditambah harus ganti warna, kecepatan itu akan lebih berkurang lagi. Karena itulah saya menduga kecepatan saya sekitar 5 spm. Ternyata salah juga. Yang benar mungkin hanya 3 spm.
Dengan kecepatan 3 spm pola itu baru akan selesai dalam 39 jam non-stop. Kalau dalam sehari saya hanya bisa mengerjakan selama 8 jam maka kristik itu baru akan selesai dalam 5 hari.


Rumus hitungan:
jumlah total tusukan (jumlah panjang x lebar pola) mis. 7000
dibagi
kecepatan kristik permenit, mis. 5 tusukan (7000 : 5 = 1400)
dibagi
60 (satu jam) jadi 7000 : 5 : 60 = 23,3 jam
= jumlah total jam yang diperlukan secara keseluruhan


Cara Menghitung Kecepatan Kristik
Saya menghitung kecepatan kristik saya ketika melakukan blok satu warna. Rupanya itu tidak tepat. Kalau teman-teman mau menghitung kecepatan kristik pribadi, saya kira lebih tepat memakai cara di bawah ini:

Tentukan area dalam pola untuk dikerjakan, misalnya supaya lebih akurat 20 x 10 hitungan. Pilih area pola yang tidak hanya satu warna dan beraneka bentuk. Tandai waktu ketika memulai mengerjakan area itu. Kerjakan dengan "kecepatan kamu yang biasa" hanya area yang dipilih itu sampai penuh semua dan benar. Hitung menit yang diperlukan sampai selesai. Lalu hitung lagi 200 dibagi menit yang kamu pakai, misalnya 40 menit. Jadi kecepatanmu 5 spm (stitches per minute) tusukan per menit. Gampang khan.

Kalau kamu sudah ketemu kecepatan rata-rata kristikmu, kamu dengan gampang pula dapat memperkirakan berapa jam yang diperlukan untuk menyelesaikan satu pola.

Teorinya begitu, tapi khan ada anak nangis, ada suami minta kopi, ada tetangga yang datang berkunjung .... ya itulah hidup. Tidak ada rencana yang sempurna.
Add to Cart
For PDF pattern only. The file will send directly to your email. Including the instruction sheet detailing color of fabric, sizes, a complete color listing (number of skeins to purchase)


info harga terbaru dan harga paket (kits) silahkan hubungi:
masdriyo@gmail.com
Whatsapp chat | Messenger
Send pictures to convert