Gampang: pastikan kristik yang akan kamu kerjakan benar-benar kamu sukai. Kecuali kalau kamu profesional, membuat kristik untuk dijual. Pada umumnya kita membuat kristik sebagai hobi atau kesenangan. Apalagi yang diharapkan kalau yang kita kerjakan tidak betul-betul gambar yang kita senangi?

Tips kedua: jangan meninggalkan kristik pada saat bermasalah tanpa dibereskan dahulu. Kesalahan ini (seperti dalam hidup biasa) akan membayang, membuat tangan ini enggan untuk meneruskan lagi.

Tips ketiga: sesuaikan pola yang kamu pilih (besarnya, tingkat kesulitannya, jumlah warnanya) dengan kemampuan (waktu dan ketrampilanmu). Kalau waktumu memang tidak banyak, paling bijak memilih kristik yang kecil. Kristik yang terlalu besar, tidak cepat selesai beresiko besar ditinggalkan di tengah jalan.

Pehobi kristik selalu rakus. Setiap kali melihat pola bagus di toko, selalu tergoda untuk memilikinya. Ini adalah godaan. Maka tips keempatnya: jauhkan untuk sementara matamu dari desain-desain baru. Ingat, tangan yang mengerjakan kristik tidak secepat mata yang haus melirik pola baru. Berkonsentrasi hidup-matilah dengan yang sedang kamu hadapi.

Tips kelima: pastikan kelengkapan kristiknya aman sampai selesai. Jangan sampai jarum satu-satunya hilang. Beberapa pemula berhenti di tengah jalan karena ini. Usahakan strimin (terutama kalau pakai yang plastik) terjaga keawetannya. Caranya? Dengan memasukkan kembali ke dalam plastik setiap kali berhenti mengerjakan kristik. Sedikit repot tapi berguna untuk mengawetkan strimin. Juga pastikan benang cukup sampai selesai. Kalau ada kurang benang jangan sampai benang habis sampai helai terakhir baru cari tambahan. Sulit. Jauh sebelum itu, carilah dahulu tambahannya.

Tips keenam: berdoalah. Ketika mengerjakan kristik, selain berkonsentrasi dengan pola, benang dan strimin, sisakan rohmu juga untuk berdoa. Bukan sok suci, tapi ingatlah yang sedang kamu kerjakan nantinya akan menghiasi dinding rumahmu atau rumah orang yang akan kamu hadiahi. Bukankah kamu ingin hasil karyamu nantinya akan benar-benar membawa suasana: indah, agung, damai dan menenteramkan? Isilah dengan doa. Bila kamu berdoa dalam setiap tusukannya, coba hitung berapa banyak doa yang menyertai kristikmu. Dan, dengan cara ini kamu akan mendapat bantuan 'dari atas' untuk menyelesaikan karyamu ... Amin.

nb. kalau ada teman yang mempunyai tips lain, bolehlah dikirim untuk memperkaya, kirim saja via email ke saya untuk dipublikasikan.
Berikutnya: Cara mempercepat pengerjaan kristik
Add to Cart
For PDF pattern only. The file will send directly to your email. Including the instruction sheet detailing color of fabric, sizes, a complete color listing (number of skeins to purchase)


info harga terbaru dan harga paket (kits) silahkan hubungi:
masdriyo@gmail.com
Whatsapp chat | Messenger
Send pictures to convert